Click This Link Fathoni's (sanx JKT48 Fans) Blog's: Cara Memperbaiki Mouse

Kamera Pengintai

Selasa, 20 November 2012

Cara Memperbaiki Mouse


Troubleshooting pada mouse bisa sangat menjengkelkan, apalagi disaat kita sedang melakukan pengeditan yang menggunakan lebih banyak mouse daripada keyboard, seperti progam photoshop atau autocad. Untuk itulah saya akan membahas mengenai troubleshooting yang terjadi pada mouse, hanya sekedar untuk berbagi saja.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya troubleshooting ringan pada mouse, yang perlu anda lakukan yaitu bersabar dan perhatikan troubleshooting mouse yang sering terjadi dibawah ini.


1. Mouse Kadang Berjalan Kadang Tidak

Penyebab terjadinya kerusakan ini bisa terjadi pada kabel mouse yang terputus didalam, terputus setengah atau terkoyak, karena tertarik dengan tidak sengaja. Solusinya periksa kabel mouse, bila terdapat kabel yang terputus atau terkoyak sambungkan dan lapisi dengan lakban plastik. Berbeda dengan kabel mouse yang putus didalam, anda harus meraba letak putusnya kabel karena tidak terlihat atau menggunakan avo meter.

Troubleshooting mouse diatas bisa juga disebabkan oleh konektor mouse yang terhubung ke port i/o motherboard komputer renggang, bisa dari konektor mousenya yang sudah lemah ataupun port motherboardnya. Solusinya ganjal konektor mouse tersebut menggunakan kertas sehingga konektor terpasang dengan kencang dan baik. Namun baiknya solusi tersebut bersifat sementara dan dalam keadaan darurat saja.

Cara terbaik yaitu dengan mengganti konektor yang renggang tersebut dengan konektor tambahan PS/2 to USB untuk anda yang memakai mouse type PS/2, dan pasangkan mouse tersebut ke port usb. Jika mouse anda berjenis konektor usb yang renggang, coba pindahkan ke port usb yang lain, atau dengan menggantinya dengan konektor tambahan USB to PS/2 dan pasang ke port PS/2. Cara ini cukup efisien daripada harus membeli mouse baru.


2. Mouse Tidak Berjalan Tetapi Lampu di Bawah Mouse Menyala

Kerusakan ini belum tentu terjadi pada mouse atau pada motherboard komputer. Solusinya adalah dengan menggunakan keyboard* :

1. Tampilkan "start menu".

2. Pilih menu "my computer".

3. Pilih gambar Device Manager

4. Pilih gambar mouse atau mice and other pointing devices4. Pada jendela system properties pilih hardware untuk membuka menu "device manager".


Normalnya terdapat tulisan "Microsoft PS/2 Mouse" atau "Microsoft Usb Mouse". Selain tulisan tersebut ada kemungkinan komputer anda terkena virus seperti contoh gambar komputer milik temanku dibawah ini. Sebaiknya install ulang sistem operasi anda.



Dengan pengecekan masalah yang dilakukan diatas, minimal dapat mengatasi troubleshooting ringan pada mouse kesayangan sebelum anda memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru. Apalagi mouse anda berasal dari pabrikan yang terkemuka seperti logitech, genius dan lain-lain yang harganya jauh lebih mahal.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada mouse. Masalha-masalah tersebut antara lain:


1. Mouse tidak terdeteksi oleh PC


Masalah yang sering terjadi pada nouse adalah mouse sering tidak dikenal oleh komputer. Pada saat proses booting, komputer memunculkan pesan bahwa WINDOWS tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung dengan komputer. Analisa pertama sehubungan dengan pesan tersebut adalah kabel mouse tidak terhubung dengan baik. Untuk melakukan perbaikan, prosedur yang harus dilakukan adalah:

• Matikan komputer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu lepas & pasang kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya.

• Setelah itu hidupkan kembali komputernya.. Jika pesan kesalahan masih muncul, lakukan analisa kedua.

Analisa kedua adalah kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan sistem denagn mouse. Langkah yang harus dilakukan adalah:

• Klik kanan My Computer pada desktop windows..

• Pilih Poperties>Hardware>>Device Manager..

• Klik mouse tersebut dengan menggunakan keyboard & tombol TAB

• Hapus Drive mouse yang lama dengan menggunakan tombol Remove

• setelah itu restart ulang komuter

jika sambungan dan driver mouse sudsh benar tetapi ternyata mouse tidak terdeteksi oleh WINDOWS, ada kemungkinan mouse rusak atau kemudian coba dengan mouse yang lain, apabila masih terjadi hal yang sama seperti itu, berarti port PS/2 nya yang rusak.


2. Pointer MOUSE yang sering melocat-loncat


Masalah lain yang sering terjadi pada mouse adalah pointer mouse yang serin meloncat-loncat secara acak sehingga pemakai kesulitan untuk menggunakan mouse secara tepat dan presisi. Masalah ini kemungkinan besar disebabkan karena kotornya komponen bola mouse. Karena komponen tersebu banyak bersentuhan dengan MOUSE PAD yang tidak selalu bersih. langkah untuk mengatasinya adalah:

• Buka penutup bola mouse dibagian belakangnya denga memutarnya 90 derajat

• keluarkan bolanya & bersihkan dengan air hangat atau alkohol serta sikat & kuas, lalu keringkan

• Bila perlu bersihkan juga bagian dalamnya dengan hati-hati

Kemungkinan yang terjadi :

Kabel mouse tidak terhubung dengan baik

Driver tidak terinstal dengan baik

Mouse atau port mouse rusak

Cara mengatasi :

1. Periksa kabel mouse, pastikan kabel tersebut tertancap dengan benar

2. Jika anda kurang yakin, cabutlah kabel mouse tersebut kemudian pasang kembali

3. Jika tidak berhasil, periksa apakah ada device drive mouse pada system operasi. Jika tidak ada maka tambahkan divace drive tersebut, dangan cara add new hardware

4. Tetapi jika pada device manager terdapat device drive mouse, periksa apakah terdapat tanda seru. Jika ada, artinya mouse mengalami konflik. Coba periksa device drive pada serial port (untuk mouse yang menggunakan serial port )

Jika tidak ada masalah pada device drive, kemungkinan mouse rusak. Cobalah ganti dengan mouse lain

5. Namun, jika serial port yang bermasalah , maka anda bisa memperbaiki device drive tersebut. Dengan cara memilih device drive tersebut, remove divice drive tersebut. Keluar dari sitem properties (alt+F4). Booting ulang komputer dan jika serial port normal, maka pada saat booting computer akan mendeteksi keberadaan port dan setelah kabel mouse telah terhubung, maka dengan sendirinya mouse akan terdeteksi

Jika langkah diatas tidak berhasil, coba cari dengan add new hardware . jika port tidak ditemukan maka kemungkinan port’lah yang bermasalah. Periksalah setup pada BIOS ( pada onboard serial port ) apakah setup port sudah sesuai. Jika belum sesuai dan port tidak terdeteksi, maka kemungkinan besar yang rusak adalah serial

Serial port bisa diperbaiki dengan cara mengganti serial port dengan cara memasang mukti I/O card.

Setelah serial port ganti, maka pindah mouse serial ke port baru


3. Mouse tidak bergerak


kemungkinan yang terjadi adalah :

1. Mouse rusak

2. Device drive tidak sesuai

cara mengatasi :

remove device drive, kemudian deteksi keberadaan mouse

atau mengganti mouse tersebut dengan mouse yang lain

1. Mouse melonpat-lompat/ tersendat-sendat

kemungkinan yang terjadi :

1. Bola mouse kotor ( pada mouse yang menggunakan bola )

2. Alas tidak sesuai ( pada mouse optik )

cara mengatasi :

1. Bersihkan bola mouse tersebut

2. Ganti alas (pada mouse optik )


4. Tombol pada mouse tidak merespon dengan baik


atur kecepatan klik mouse pada control panel, dari mouse properties.

TROUBLE SHOOTING MOUSE

Troubleshooting 1;

Pada saat proses booting, komputer memunculkan pesan bahwa windows tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung ke komputer.

Solusi :

- kemungkinan pertama, kabel tidak terhubung dengan baik. Matikan komputer anda, cek apakah kabel mouse telah tertancap dengan benar ke port di CPU. Jika perlu lepas dan kemudian tancapkan lagi kabel mouse tersebut agar anda yakin bahwa koneksinya sudah tepat. Ingat bahwa pengecekan tidak boleh dilakukan pada saat komputer hidup karena dapat menimbulkan korsleting. Jika anda yakin koneksi sudah tepat tetapi setelah dihidupkan kembali pesan kesalahan masih muncul, maka anda dapat melakukan analisa selanjutnya.

- Kemungkinan kedua, rusaknya driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Untuk itu anda perlu melakukan pendeteksian ulang drive secara otomatis dengan windows. Lakukan langkah sebagai berikut : klik kanan short cut my komputer pada dekstop kemudian pilih properties. Pada kotak dialog system properties, pilih tab device manager. Pada kotak view device, pilih mouse dan klik nama driver mouse yang terdaftar. Hapus drive mouse yang lama dengan menggunakan tombol remove. Pada saat anda memilih tombol remove, windows memunculkan kotak dialog untuk melakukan restart. Pilih ya sehingga windows melakukan proses restart. Pada saat melakukan restart itulah system plug and play windows akan melakukan pendeteksian ulang kembali terhadap driver mouse.

- Jika sambungan dan driver mouse sudah benar tetapi ternyata mouse tetap tidak terdeteksi oleh windows, ada kemungkinan mouse anda yang telah rusak. Jangan terburu-buru beli mouse baru karena. Pinjamkan mouse yang dalam kondisinya normal dari teman anda, kemudian pasangkan ke dalam kompter anda. Lakukan booting ulang komputer.

- Jika mouse yang normal tetap tidak terdeteksi oleh komputer anda, kemungkinan terakhir adalah port I/O anda yang rusak. Bahwa motherboard anda ke services komputer atau beli conector USB ke PS2.

Troubleshooting 2;

Pada saat mouse digerakkan, pointer mouse meloncat-loncat secara acak.

Solusi :

Pada kondisi ini ,kemungkinan yang paling besar disebabkan karena kotornya komponen bola mouse. Komponen bola tersebut banyak bersentuhan dengan mose pad yang tidak selalu bersih. Lakukan langkah pembersihan seperti berikut.

- buka penutup bola mouse dibagian bawah dengan memutarnya 90 derajat. Keluarkan bolanya dan bersihkan dengan air hangat serta sikat lalu keringkan.

- Di bagian dalam mouse dapat anda amati adanya tiga buah roda. Dua lebar dan satu yang kecil. Kotoran yang menempel pada komponen tersebut perlu dibersihkan. Demikian juga dengan kotoran yang menempel pada gerigi dan bantalan bola. Lakukan pembersihan dengan hati-hati sehingga tidak merusak komponen-komponen di dalamnya.

Troubleshooting 3;

Gerakan mouse ball kaku

Solusi :

pertama-tama perhatikan bagian bawah mouse anda. Di bagian tersebut terdapat penutup yang didalamnya terdapat bola yang putarannya menentukan arah pointer mouse. Buka penutup dengan memutarnya ke arah kiri. Keluarkan bola dari tempatnya, kemudian bersihkan debu-debu yang menempel pada bola tersebut. Hendaknya hati-hati saat membawa dan meletakan bola tersebut karena apabila bola tersebut terkena benturan maka permukaan bola tidak lagi rata, dan ini sangat berpengaruh pada saat anda mengerak-gerakkan pointer mouse. Kemudian. Bersihkan pula bagian dalam mouse. Kemudian, bersihkan pula bagian dalam mouse, yaitu penggulungnya secara perlahan dan hati-hati. Banyaknya debu yang menempel dan berakumulasi memungkinkan gerakan pointer mouse menjadi kaku.

Setelah semua dibersihkan, langkah berikutnya adalah mengembalikan bola pada tempatnya. Jangan lupa, pasang kembali penutup dengan memutarnya kearah kanan. Hidupkan komputer anda dan ceklah mouse anda, apakah sudah dapat berjalan lancar atau tidak. Apabila belum berhasil maka solusi terakhir adalah menggantinya dengan yang baru.


NOTE :
* Sebelum anda memulainya, lebih baik anda membaca artikel Cara Mengoperasikan Pointer Tanpa Mouse.

1 komentar:

  1. Arigatou Gozaimasu.
    Yeh.... JKT48, visit blog kami.
    http://www.jkt48-fans-majalengka.blogspot.com

    Saya Renaissance (Rena Nozawa)

    BalasHapus

My Signature :

Blog Archive

BPL News

La Liga News